Rabu, 20 Juli 2016

WISATA KULINER BABI GULING KHAS BALI



WISATA KULINER
BABI GULING KHAS BALI

Tentunya saat berlibur di Bali, ingin berkunjung ke objek wisata yang sangat menarik di Bali, namun selain Bali memiliki banyak objek wisata yang sangat menarik, Bali juga memiliki banyak kuliner makanan yang memiliki khas dari masing-masing makanan tersebut, salah satunya kuliner makanan babi guling. Babi Guling merupakan salah satu kuliner khas Nusantara. Bahkan di Bali, Babi Guling menjadi menu masakan spesial dan paling terkenal berasal dari Kabupaten Gianyar. Namun kini babi guling dapat ditemukan dengan mudah di berbagai rumah makan, warung, dan hotel-hotel di Bali.Kuliner babi guling Bali merupakan menu makanan dengan sajian irisan daging babi guling dengan beberapa makanan khas Bali lain untuk pendamping nasi.Siapa sih yang gak kenal namanya makanan babi guling ini? Tentu kalau berkunjung ke Bali, pastinya tidak terlewatkan untuk menikmati makanan khas Pulau Dewata ini. Di Bali, makanan babi guling terdapat bermacam-macam termasuk asal daerahnya. Beberapa daerah di Bali memiliki kekhasan masing-masing tergantung dari penyajian dan bumbu-bumbu yang digunakan.

Warna kulit babi guling yang kecoklatan sungguh renyah di lidah. Apalagi dagingnya yang begitu empuk dan kaya rempah-rempah. Campuran rempah itu disebut basa genep, artinya yaitu “campuran lengkap dari rempah-rempah,”. Bumbu rempah itu terdiri dari bawang merah, bawang putih, jahe, lengkuas, kencur, kunyit, kemiri, cabai rawit, ketumbar, lada hitam, daun salam, dan garam, ditambah terasi. Uniknya, bumbu basa genep Bali dan sayur daun ketela pohon dimasukan ke dalam perut babi dan diguling di atas bara api. Menu Babi Guling biasanya disajikan dengan nasi putih hangat bersama lawar, sate lilit, dan semangkuk kecil jukut ares. Harga perporsi babi guling Anda bisa dapatkan dengan harga terjangkau, yaitu mulai dari Rp.25.000 – Rp. 40.000,- .
Resep Babi Guling
Bahan-Bahan
1.     Seekor babi (berat sesuai keinginan)
2.     Bumbu base Genep (Resep tertera di bawah)
3.     Kayu bakar / serabut kelapa
4.     Alat panggang babi ( berupa besi / Kayu)
Resep Bumbu Base Genep
Bahan:
1.     250 gr Bawang Merah
2.     125 gr Bawang Putih
3.      45 gr Laos
4.     65 gr Jahe
5.      40 gr Kunyit
6.     20 gr kencur
7.     125 gr Cabe besar buang bijinya hingga bersih
8.     50 gr Cabe kecil
9.     40 gr Kemiri
10. 50 gr Terasi
11. 1 st Ketumbar
12.½ sm Merica
13. Garam secukupnya
14.100 mlt Minyak goring
15. 200 mlt Air
16. 4 lembar Daun Salam
17.3 lembar daun jeruk
18. 2 batang sereh

Cara Membuat :
1.     Semua bumbu di cincang sampai halus, lalu dicampur dengan minyak kelapa.
2.     Babi disembelih dan dibersihkan bulunya dengan cara menyiram seluruh permukaan tubuh tubuh babi dengan air mendidih. Kuku kakinya juga dibersihkan.
3.     Setelah bersih, semua isi perutnya dikeluarkan dengan cara membuka bagian bawah perut, setelah itu rongga perut dibersihkan.
4.     Lalu sebatang kayu panjang sekitar 2 m , untuk dimasukan kedalam tubuh babi yang telah bersih melalui lubang pantat sampai keluar dari lubang mulutnya. Kayu berfungsi untuk memutar-mutar saat babi dipanggang.
5.     Selanjutnya kedalam rongga babi dimasukkan bumbu-bumbu yang telah dipersiapkan, lalu bekas lubang perut bagian bawah dijarit dengan benang.
6.     Sebelum babi digulingkan di atas bara api, kulit babi diremas dengan minyak kelapa, lalu dipolesi dengan air kunyit, agar babi matang berwarna kekuningan.


7.     Proses selanjutnya yaitu membuat bara api dari serabut kelapa pada suatu tempat yang telah disiapkan.
8.     Jika bara api telah siap, di atas itulah babi digulingkan secara perlahan-lahan sehingga mendapat panas yang merata.
9.     Panggang babi sampai warna kulitnya berubah menjadi coklat kemerahan dan terlihat kulit babi sangat renyah.
10. Setelah selesai memanggang, kayu ditarik dari badan babi, dan babi guling siap disuguhkan.

Itu penjelasan singkat dari Babi Guling salah satu makanan khas Pulau Dewata. Selamat mecoba .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar